• Senin, 09 Desember 2019

    makalah revolusi industri


    BAB I
    PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang Masalah
    Pada era sebelum revolusi industri terjadi, dunia berada pada periode dengan perubahan yang sangat lambat dan nyaris tak terlihat dbidang teknologi dan perdagangan. Beberapa perubahan kecil hanya terjadi hanya jumlah produksi per kapita. Perubahan ini hanya berakibat pada meningkatnya populasi penduduk tanpa mengubah standar dan gaya hidup. Ini hampir terjadi seluruh bagian dunia.
    Standar hidup penduduk didunia ditahun 1700 sulit dibedakan dengan penduduk dunia era babilonia ditahun 2000 SM silam. Fakta ini disebut dengan Malthusian trap, setelah malthus (seorang ahli ekonomi dan politik inggris menganalisa hubungan antara produksi barang (yang seharusnya meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk) dan peningkatan jumlah penduduk (yang terus tumbuh secara geometris).
    Sejarah revolusi industri adalah sebuah proses ketika, untuk pertama kalinya kehidupan manusia, sebuah negara mematahkan teori Malthusian trap dengan membuat perubahan besar pada produktivitas per kapita. Hal ini menghasilkan kemajuan pesat dibidang teknologi, dan lambat laun mengubah standar hidup penduduk secara signifikan.
    Pada tahun 1760, dimulailah sejarah revolusi industri. Saat itu manusia menggunakan tenaga air, angin, dan uap dibandingkan dengan tenaga manusia. Populasi inggris saat itu sekitar 7 juta jiwa. Pertanda pertama terjadinya revolusi terdapat pada gerakan enclosure yang terjadi sejak abad ke-16 dan mencapai puncaknya pada tahun 1760 sampai 1832.
    Revolusi Industri merupakan momentum perubahan radikal struktur masyarakat agraris ke masyarakat industri. Revolusi Industri ini ditandai dengan perubahan penggunaan sarana produksi, dari tenaga manusia ke tenaga mesin.
    Apapun penyebab besarnya, penemuan-penemuan (terutama dibidang pabrik tekstil) mulai dihailkan oleh para penemu dan ini telah meningkatkan produktivitas pekerja. Beberapa waktu kemudian, tepatnya pada tahun 1776, James Watt menciptakan teknologi mesin uap. Mesin uap mampu menghasilkan daya secara lebih efisien dibidang apapun, ini lantas memicu berbagai penemuan berbagai peralatan bermesin.
    Peralatan bermesin inilah yang secara signifikan meningkatkan produksi pabrik-pabrik tekstil. Di bidang lain, penggunaan mesin uap mampu merevolusi transportasi massa dan barang dengan diciptakanya jalur kereta api dan kapal api (uap).

    B.  Rumusan Masalah
    1.      Apa pengertian Revolusi Industri ?
    2.      Apa saja sebab-sebab terjadinya Revolusi Industri ?
    3.      Bagaimana kehidupan sosial ekonomi eropa pada masa pra-revolusi industri ?
    4.      Bagaimana keadaan Revolusi Industri di Inggris ?
    5.      Barang apa saja yang telah ditemukan dimasa Revolusi Industri ?
    6.      Apa saja dampak revolusi industri ?

    C.  Tujuan Pembahasan
    1.      Mampu mengetahui pengertian dari Revolusi Industri
    2.      Mampu mengetahui sebab-sebab pasti Revolusi Industri
    3.      Untuk mengetahui keadaan kehidupan sosial ekonomi eropa pada masa pra-revolusi industri
    4.      Mendeskripsikan keadaan Revolusi Industri di Inggris
    5.      Mampu mengenali beberapa tokoh penemu-penemu di masa Revolusi Industri
    6.      Dapat memahami dampak negatif maupun positif dari Revolusi Industri

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >