METODE PENELITIAN
3.1 Metode Penentuan Subjek Penelitian
3.1. Populasi
Populasi adalah "Sebagai penentuan subjek itu dapat diartikan sebagai seluruh penduduk yang dimaksud untuk diselidiki atau populasi dibatasi sebagai sejumlah penduduk atau individu yang paling sedikit mempunyai suatu sifat yang sama (Hadi, 1997: 220). Sedangkan menurut (Subagio 2000: 33) "Populasi adalah obyek penelitian sebagai sasaran untuk mendapatkan dan mengumpulkan data : Dari kedua pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa "populasi yaitu keseluruhan subjek atau individu yang diselidiki sebagai sasaran untuk mendapatkan data".
Berdasarkan definisi populasi tersebut di atas maka yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 193 TAMUKU Kecamatan Bone-bone Tahun Pelajaran 2013/2014.
Tabel 01 : Populasi Siswa Kelas VIII SMPN 2 Kecamatan Donggo Tahun Pela aran 201112012.dalam penelitian kami membagi seluruh siswa kelas VI sd dalam beberspa bagian kelas.
No. Kelas Jenis kelamin Jumlah
L P
1. V1A 16 21 37
2. VI B 18 24 42
3. VI C 13 27 40
JumlahSiswa _47
47 71 118
Tabel di atas merupakan data tentang keadaan siswa di SMPN 2 Kecamatan Bone-bone Tahun Pelajaran 2013/2014.
3.1.2 Sampel
Sampel adalah bagian atau wakil dari populasi yang diteliti (Arikunto, 2006: 87). Sedangkan dalam kamus besar Bahasa Indonesia, sampel adalah suatu yang digunakan contoh dari bagian yang lebih besar (Tim Penyusun, 1994 : 20 ). Sedangkan menurut Sugiyono sampel adalah "Sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi"(2003: 56).
Sementara itu penentuan jumlah sampel tergantung pada besarnya populasi. Jika populasi kurang dari 100, dianjurkan agar semuanya dijadikan sampel sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlahnya besar lebih dari 100, maka dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih tergantung dari kemampuan peneliti (Arikunto, 2006:112). Karena jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI A SDN 193 TAMUKU Kecamatan Bone-bone yang berjumlah 37 Orang siswa.
3.2 Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data adalah "Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, dalam hal ini adalah proses diperolehnya data dari sumber data yang dimaksud berasal dari subjek penelitian (Subana dkk, 2005:56).
Untuk memperoleh data dalam suatu penelitian diperlukan cara untuk mengumpulkan data. Maka dalam penelitian ini ada bebe , rapa macam metode yang digunakan yaitu metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi.
3.2.1 Metode Observasi
Metode observasi adalah pengamatan yang dilakukan secara sengaja dan sistematis mengenai fenomena sosial dan gejala-gejala pesikis untuk kemudian dilakukan pencatatan (Nazar, 211:1998).
Winarno, (121:1978) mengemukakan bahwa observasi adalah "metode pengumpulan data dimana penyelidik mengadakan pengamatan secara langsung (tanpa alat) pengamatan gejala¬gejala subjek yang akan diteliti, baik pengamatan itu dilakukan dalam situasi sebenarnya maupun dilakukan dalam situasi yang khusus dilakukan".
Metode observasi adalah pengamatan dan pencatatan langsung secara
sistimatis terhadap gejala atau fenomena yang diselidiki (Sutina, 1980: 36). Metode observasi dalam penelitian ini digunakan untuk melihat secara langsung pada lokasi yang diteliti. Adapun yang diobservasi dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan kendala-kendala yang dihadapi para guru, dengan demikian data yang akan diperoleh melalui metode ini merupakan realita dilapangan.
Mencermati pengertian di atas jelaslah bahwa observasi adalah cara untuk mengadakan penelitian dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung .
3.2.2 Metode Tes
Tes adalah suatu alat atau prosedur yang sistematis clan objektif untuk memperoleh data-data atau keterangan-keterangan yang diinginkan seseorang, dengan cara yang boleh dikatakan tepat dan cepat (Arikunto, 1984: 35). Sedangkan menurut (Nurkencana, 1986: 43) tes adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian yang berbentuk suatu tugas atau serangkaiari tugas yang harus dikerjakan oleh anak atau sekelompok anak sehingga menghasilkan suatu nilai tentang tingkah laku atau prestasi anak tersebut, yang dibandingkan dengan nilai yang dicapai oleh anak-anak lain atau standar yang ditetapkan. Dari dua pendapat pakar tersebut di atas maka dapat disimpulkan tes adalah suatu alat yang digunakan oleh pengajar untuk memperoleh informasi tentang keberhasilan peserta didik dalam memahami suatu materi yang diberikan oleh pengajar.
Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian terbatas: Da1am tes uraian terbatas ini peserta didik diberi kebebasan untuk menjawab soal yang ditanyakan, namun arah jawaban dibatasi, sehingga kebebasan tersebut menjadi bebas yang terarah.
No
Nama Objek Pengamatan
Kemampuan Membaca Kemampuan Berbicara
1 2 3 4 1 2 3 4
1 Akmal 75 76 75 99 87 77 87 88
2 Rudi 80 88 86 85 98 76 66 55
3 Imel 60 77 88 79 98 77 87 87
4 Kipa 76 76 87 88 77 88 78 78
5 Dipa 86 75 86 87 88 89 77 78
Keterangan: Aspek Penilaian Membaca
1. Pemahaman isi
2. Kelancaran
3. Kesesuaian waktu
4. Kemampuan menyampaikan kembali
Keterangan: Aspek Penilaian Berbicara
1. Intonasi
2. Artikulasi
3. Kesesuaian dengan topik
4.Penampilan
3.2.3 Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data terhadap hal¬hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, surat kabar, majalah, notulen rapat, agenda dan sebagainya. Metode ini digunakan untuk melengkapi data yang belum diperoleh melalui metode wawancara dan observasi.
Ada beberapa pendapat dari para ahli tentang arti dari dokumen, pendapat diantaranya Suharsimi Arikunto, dalam buku psikologi penelitian karangan IB Netra (1974: 63) bahwa "Dokumen adalah mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, majalah, buku, transkrip, surat kabar, notulen rapat, agenda dan sebagainya".
Kedua pendapat tersebut di atas, dapat penulis simpulkan bahwa metode dokumen dalam penelitian adalah mencari data mengenai hal-hal variabel berupa catatan transkrip, buku, surat kabar, majalah, notulen rapat dan lain sebagainya.
3.4 Metode Analisis Data
Analisis data dalam suatu penelitian bertujuan untuk menyempitkan atau membatasi penemuan-penemuan sehingga menjadi suatu data yang teratur serta menjadi tersusun dan lebih berarti.
Definisi di atas metode analisis data dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk mengolah dan mengumpulkan data secara terorganisir dan sistematis, sehingga diperoleh penjelasan yang baik, maka dalam menganalisis data ini metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sua,tu kelas peristiwa pada masa sekarang dengan tujuan untuk membuat gambaran atau tulisan secara sistematis dan faktual serta akurat mengenai fakta, sifat-sifat dan hubungan antara fenomena-fenomena yang diselidiki. Sedangkan metode kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.
1.Mencari Kemampuan Individua.
a. Menentukan skor maksimal ideal (SMI).
SMI adalah skor tertinggi yang diperoleh oleh siswa, apabila semua soal yang diujikan dij awab dengan benar.
SMI = 100
b.Menentukan Mean ideal (MI)
MI = = 50
c.Menentukan Standar devisi soal (SDi)
d.SDI =
2.Mencari kemampuan kelompok
a.Menentukan mean (nilai rata-rata siswa)
b. Menentukan indeks prestasi komunikatif (IPK)
Keterangan :
M = Mean (nilai rata-rata siswa)
Y-fx = Jumlah nilai total yang diperoleh dari hasil penjumlahan nilai setiap individu
N = Banyaknya individu (peserta didik)
atau
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
0 komentar:
Posting Komentar