• Jumat, 05 Juli 2013

    Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

    2.1 Pengertian Pasar Persaingan Sempurna
    Pasar persaingan sempurna adalah pasar atau industri yang dicirikan olehperusahaan kecil yang banyak jumlahnya dan membuat produk yangsama.pasar ppersaingan sempurna dapat didefinisikan sebgai struktur pasaratau industri dimna terdapat banyak penjual dan pembeli,dan setiap penjualataupun pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.Pasar disebut bersaing sempurna jika :
    1.    Terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli komoditi, sedemikian rupasehingga tindakan seorang individu tidak dapat mempengaruhi hargakomoditi tersebut ;
    2.    Produk dari seluruh perusahaan dalam pasar adalah homogen ;
    3.    terdapat mobilitas sumber daya yang sempurna ; dan
    4.    Konsumen pemilik sumber daya dan perusahaan dalam pasar mempunyaipengetahuan yang sempurna mengenai harga-harga dan biaya-biaya yangsekarang dan yang akan datang .Dalam pasar persaingan sempurna, harga komoditi hanya ditentukan olehperpotongan antara kurva permintaan pasar dan kurva penawaran. Dengandemikian, perusahaan dalam pasar persaingan sempurna merupakan  penerima harga‖ (price taker) dan dapat dapat menjual setiap jumlah komoditi pada harga yang telah ditetapkan.
    2.2 Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna
    Ciri-ciri selengkapnya dari pasar persaingan sempurna adalah seperti yangdiuraikan sebagai berikut :
    a.    Homogenitas Produk ( Homogeneous Product  )Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen. Produk yangmampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlumengetahui siapa produsennya.
    b.    Pengetahuan Sempurna ( Perfect Knowledge ) Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuansempurna tentang harga produk dan input yang dijual.
    c.    Output Perusahaan Relatif Kecil (Small RelativelOutput  )Perusahaan dalam industri (pasar) dianggap berproduksi efisien (biayarata - rata terendah), kendati pun demikian jumlah output setiapperusahaan secara individu dianggap relative kecil dibanding jumlahoutput seluruh perusahaan dalam industri.
    d.    Perusahaan Menerima Harga Yang Ditentukan Pasar ( Price Taker)Perusahaan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yangditetapkan pasar (  price taker  ). Secara individu perusahaan tidak mampumempengaruhi harga pasar.
    e.    Keleluasaan Masuk  Kelur Pasar ( Free Entry and Exit  )Dalam pasar persaingan sempurna factor produksi mobilitasnya tidak terbatas dan tidak ada biaya yang harus dikelurkan untuk memindahkanfaktor produksi.



    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly
    3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
    4. Kini anda bisa Download  Gratis
     











    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >