BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pengrtian RPAJASTRI atau Praktek Kerja Industri adalah kegiatan yang dilakukan siswa-siswi SMK tentang bagaimana barhadapan langsung dengan dunia kerja yang mengharuskan siswa-siswi SMK mampu untuk menjalankannya.
Pelaksanan pendidikan sistem ganda di laksanakan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang No 2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional, PP Nomor 29 tahun 1990 peran tentang pendidikan menengah, PP Nomor 39 tahun 1992 peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional, keputusan Mendik BudNo 32/U/1997 tentang penyelenggaraan system ganda pada sekolah menengah kejuruan yaitu penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu pendidikan di sekolah dan pendidikan dunia usaha/duni industri.
1.2 Ruang Lingkup Penilaian.
a) Penilaian proses dan hasil pekerjaan siswa selama bekerja di dunia usaha dan industri
b) Penilaian terutama berhasil tentangbagaimana menentukan tingkat keberhasilan siswa-siswi dlam menyelesaikan kegiatan praktek kerja industri.
c) Aspek yang dinilai pada praktek kerja industri adalah pengenalan lingkungan dan suasana kerja.
d) Peningkatan kemampuan/keterampilan kerja dalam mengolah kegiatan usaha, penghayatan akan tugas tanggung jawab serta hakdan kewajiban sebagai tenaga kerja.
e) Kriteria penilaian siswa selama di dunia usaha dan industri berdasarkan atas kriteria.
1.3 FUNGSI
Praktek kerja industri adalah untuk membekali siswa tentang wawasan lapangan kerja serta memantapkan kemajuan kejujurannya, sehingga siswa siap
1. Sarana bagi seekolah untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan dunia usaha/lapangan kerja.
2. Sarana bagi sekolah untuk memperoleh umpan balik dan ahli teknologi dari dunia usaha/lapangan kerja.
3. Sarana bagi sekolah untuk memperoleh pengakuan dari dunia usaha/lapangan kerja terhadap kemampuan siswa tamatan.
4. Sarana bagi sekolah untuk menawarkan tamatan dan mempromosikan sekolah kepada dunia usaha/lapangan kerja.
5. Saran bagi dunia usaha/lapangan kerja untuk berrperan serta dalam meningkatkan kemampuan kejuruan siswa.
6. Sarana bagi dunia usaha/lapangan kerja untuk memperoleh tenaga kerja yang relevan dengan kebutuhannya.
7. Sarana bagi dunia usaha/lapangan kerja untuk mengembangkan produktifitas usahanya dengan memanfaatkan kemampuan siswa.
1.3 Tujuan
Tujuan di adakannya praktek kerja industri (PRAKERIN) yaitu:
1. Siswa memiliki(wawasan tentang dunia usaha/lapangan kerja yang relevan dengan jurusannya).
2. Siswa memperoleh kesempatan untuk meningkatkan, memperluas dan memantapkan kemampuan jurusannya.
3. Memperoleh dorongan dan semangat untuk berwiraswasta di bidangnya.
4. Siswa memperoleh kesempatan untuk mempromosikan dirinya pada dunia usaha/lapangan kerja yang relevan.
Manfaat/ Kegunaan Prakerin
• Dapat menambah wawasan tentang dunia usaha/lapangan kerja yang relevan dengan jurusannya.
• Mampu berkomunikasi kepada pelanggan dengan baik.
• Untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam meningkatkan kemampuan kejuruan siswa.
• Memiliki kedisiplinan, kerapian, kejujuran dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan kepada kami didalam dunia usaha.
1.6 Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah orientasi dilapangan dan bimbingan teknis serta literature perpustakaan sekolah yangberkaitan dengan laporan praktek kerja industri.
1.7 Jadwal Kerja
HARI JAM KERJA
SENIN 08.30-12.00
SELASA 08.30-12.00
RABU 08.30-12.00
KAMIS 08.30-12.00
JUMAT 08.30-11.00
SABTU Libur
MINGGU Libur
atau
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
4. Kini anda bisa Download Gratis
0 komentar:
Posting Komentar