• Kamis, 11 April 2013

    Penggerek batang/cabang Zeuzera coffeae, Famili Cossidae, Ordo Lepidoptera

    C.    Penggerek batang/cabang Zeuzera coffeae, Famili Cossidae, Ordo Lepidoptera
    Ulat hama ini merusak bagian batang/cabang dengan cara menggerek menuju empelur (xylem) batang/cabang. Selanjutnya gerekan membelok ke arah atas. Menyerang tanaman muda. Pada permukaan lubang yang baru digerek sering terdapat campuran kotoran dengan serpihan jaringan. Akibat gerekan ulat, bagian tanaman di atas lubang gerekan akan merana, layu, kering dan mati.
    Cara pengendalian meliputi :
    -          lubang gerekan dibersihkan dan ulat yang ditemukan dimusnahkan.
    -          Cara mekanis yang lain adalah memotong batang/ cabang terserang 10 cm di bawah lubang gerekan ke arah batang/ cabang, kemudian ulatnya dimusnahkan/ dibakar.
    -          Cara hayati bisa dipakai, misalnya dengan Beauveria bassiana, atau agen hayati lain.

    Tikus dan tupai / bajing Famili Muridae dan Sciuridae, Ordo Rodentia
    Tikus merupakan hama penting, karena serangannya sangat merugikan. Buah kakao yang terserang akan berlubang dan akan rusak atau busuk karena kemasukan air hujan dan serangan bakteri atau jamur. Serangan tikus dapat dibedakan dengan serangan tupai/bajing. Tikus menyerang buah kakao yang masih muda dan memakan biji beserta dagingnya. Tikus menyerang terutama pada malam hari. Gejala serangan tupai/bajing umumnya dijumpai pada buah yang sudah masak karena tupai hanya memakan daging buah, sedangkan bijinya tidak dimakan. Biasanya, di bawah buahbuah yang terserang tupai/bajing selalu berceceran biji-biji kakao. Jadi, tikus benarbenar hama, tetapi tupai tidak karena biji bisa dikumpulkan kembali. Tupai menjadi hama (merugikan) apabila biji-biji tadi tidak dikumpulkan.
    Pengendalian tikus dilakukan dengan sanitasi dan dengan cara hayati. Juga dapat digunakan umpan racun tikus (rodentisida) dan dengan menggunakan  cara mekanis (perangkap)






    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >