• Selasa, 16 April 2013

    Pendapatan Nasional Bruto ( PNB ) Gross National Product ( GNP )

    2.      Pendapatan Nasional Bruto ( PNB ) Gross National Product  ( GNP )
    Gross national product adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam satu tahun. GNP meliputi jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi milik warga negara, baik yang ada di dalam negeri maupun yang ada di luar negeri.tetapi tidak termasuk hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi di wilayah negar tersebut. Ini berarti, jika ada hasil produksi perusahaan asing yang beroperasi di wilayah negara tersebut maka harus dikurangkan. Jadi, dalam hal ini perbedaan antaraGDPdan GNP terletak pada net factor saja.
    1.    Jika GNP lebih besar daripada GDP ( n > 0 ), berarti terjadi pendapatan neto ke DN (net factor income to domestic) , ini menunjukkan bahwa investasi negara yang bersangkutan di negara lain  lebih besar dibandingkan dengan investasi asing di negara yang bersangkutan. Maka rumus menghitung GNP sebagai berikut :
    b. Jika GNP lebih kecil daripada GDP ( n < 0 ) ,  berarti terjadi pembayaran neto ke LN (net factor income payment to abroad) , ini menunjukkan bahwa investasi negara yang bersangkutan di negara lain lebih kecil dibandingkan dengan investasi asing di negara yang bersangkutan. 
    GNP merupakan ukuran paling umum untuk mengadakan penilaian terhadap hasil kegiatan ekonomi suatu nengara daripada GDB.
    1.    3.      Pendapatan Nasional Neto ( PNN ) atau Net National Product  ( NNP )
    Barang /.jasa yang dihasilkan oleh  dunia usaha selama berlangsungnya proses produksi terjadi penyusutan barang-barang modal (mesin, gedung, dan alat-alat produksi lainnya). Penyusutan mengurangi nilai barang modal yang bersangkutan dan perlu diperhitungkan untuk mengadakan koreksi atas besarnya produksi yang dihasilkan dalam masyarakat. Replacement hanyalah perkiraan, sehingga kadang-kadang taksirannya kurang tepat dan dapat menimbulkan kesalahan meskipun relative kecil.
    Net National Product (NNP) adalah Gross National Product dikurangi dengan harga penyusutan barang-barang yang digunakan dalam proses produksi. Lihat rumus berikut ini :
    1.    4.      NNI (Nett National Income)
    Net National Income adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima oleh masyarakat sebagai pemilik factor produksi. Besarnya NNI dapat diperoleh dari NNP dikurangi Indirect Tax. Indirect tax adalah pajak yang bebannya dpat dialihkan kepada pihak lain, contoh : sales tax, import tax, export tax.




    atau 


    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >