• Jumat, 19 April 2013

    MONOSAKARIDA

    A. MONOSAKARIDA
    Monosakarida  (dari bahasa Yunani monos, berarti tunggal dan sacchar, berarti gula ) umumnya memiliki rumus molekul yang merupakan beberapa kelipatan CH2O .
    Glukosa (C6H12O6) , monosakarida yang paling umum.
    Monosakarida , khususnya glukosa , merupakan nutrient utama sel.Dalam proses yang dikenal sebagai respirasi seluler , sel-sel mengekstraksi energi yang tersimpan dalam molekul glukosa .
    Tidak hanya molekul gula sederhana saja yang digunakan sebagai sumber bahan utama kerja seluler, namun kerangka karbonnya juga berfungsi sebagai bahan baku untuk sintesis jenis molekul organic kecil lainnya , termasuk asam amino dan asam lemak. Molekul gula yang tidak segera digunakann dengan cara ini umumya disimpan sebagai monomer yang bergabung membentuk disakarida atau polisakarida.
    FUNGSI MONOSAKARIDA
    Glukosa              : Merupakan nutrient utama, terutama bahan untuk metabolisma sel.
    Glyceraldehyde  : Merupakan molekul peyimpan energi yang dihasilkan melalui proses fotosintesis
    Galaktosa            : Monosakarida yang berkombinasi dengan glukosa akan membentuk laktosa yaitu suatu disakarida dalam susu.
    Fruktosa              : Monosakarida yang kadang-kadang disebut sebagai gula buah , yang menyebabkan apel , strawberry manis, dan juga monosakarida yang digunakan untuk membentuk disakarida, sukrosa suatu gula meja.
    Ribosa  






    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >