• Rabu, 10 April 2013

    Lanjutan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Erosi


       
    3.    Lereng
        Erosi akan meningkat apabila lereng semakin curam atau semakin panjang. Apabila lereng makin curam maka kecepatan aliran permukaan meningkat sehingga kekuatan mengangkut meningkat pula. Lereng yang semakin panjang menyebabkan volume air yang mengalir menjadi semakin besar.
       
    4.    Vegetasi (tumbuhan)
        Pengaruh vegetasi terhadap erosi adalah:
        -    Menghalangi air hujan agar tidak jatuh langsung di permukaan tanah, sehingga kekuatan untuk menghancurkan tanah dapat dikurangi.
    -    Menghambat aliran permukaan dan memperbanyak air infiltrasi.
    -    Penyerapan air kedalam tanah diperkuat oleh transpirasi (penguapan) melalui vegetasi.

        Hutan paling efektif dalam mencegah erosi karena daun-daunnya dan rumputnya rapat. Untuk pencegahan erosi paling sedikit 70% tanah harus tertutup vegetasi.
       
    5.    Manusia
         Kepekaan tanah terhadap erosi dapat diubah oleh manusia menjadi lebih baik atau buruk. Pembuatan teras-teras pada tanah berlereng curam merupakan pengaruh baik manusia, karena dapat mengurangi erosi. Sebaliknya penggundulan hutan di daerah pegunungan merupakan pengaruh yang jelek karena dapat menyebabkan erosi dan banjir.
     
    Sampai disini apakah Anda sudah memahami uraian materi tersebut? Kalau belum dipahami pelajari kembali, dan kalau sudah dipahami kerjakan latihan berikut!

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >