• Minggu, 17 Maret 2013

    Berdasarkan letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral


    Berdasarkan letaknya jaringan meristem dibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral:

    1. Meristem apical .
    Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer.
    Letak : Ujung akar & batang
    Fungsi : Memperpanjang ujung
    2. Meristem interkalar .
    Meristem interkalar atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga.
    Letak : Tepi Batang & akar
    Fungsi : Meningkatkan diameter
    3 .Meristem lateral.
    Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder. Pertumbuhan skunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.
    Letak : Pangkal ruas batang Pertumbuhan
    Fungsi : Memperpanjang ruas
    Kesimpulan
    Berdasarkan pembahasan dapat disimpulakan bahwa jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai asal, struktur, dan fungsi yang sama. Jaringan meristem adalah jaringan muda yang selalu membelah membentuk jaringan yang lain. Menurut tempatnya, meristem dalam tubuh tumbuhan dikelompokan menjadi tiga yaitu : Meristem pucuk, yang terdapat pada bagian pucuk akar dan pucuk batang, Meristem interkalar, yang terdapat diantara jaringan dewasa misalnya, pada buku gramineae,dan Meristem lateral, yang letaknya sejajar dengan permukaan organ, misalnya cambium dan felogen. Pengelompokan meristem berdasarkan asal usulnya dikelompokan menjadi dua yaitu  : Meristem primer yaitu sel yang berkembang secara langsung dari sel bersifat embrio dan tetap bersifat embrio, Contoh: ujung batang, ujung akar dan Meristem sekunder yaitu jaringan yang berkembang dari jaringan dewasa yang masih tetap dapat berdiferensiasi. Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder







    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >