• Minggu, 25 Oktober 2020

    makalah ternak pemeliharaan ternak ruminansia sapi potong


    BAB I
    PENDAHULUAN


    A.    Latar Belakang
    Usaha penggemukan sapi akhir-akhir ini semakin berkembang, hal ini ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat maupun daerah yang mengusahakan penggemukan sapi. Dewasa ini usaha penggemukan sapi sudah menyebar ke beberapa daerah di luar Jawa, seperti Aceh, Lampung, Sulawesi, Bali, NTB dan NTT.
    Penggemukan sapi dapat dilakukan secara perseorangan hingga skala usaha yang besar, namun ada pula yang mengembangkan usahanya dalam bentuk kelompok dalam kandang yang berkelompok pula (Siregar, 2006). Usaha penggemukan mendatangkan keuntungan ganda berupa keuntungan dari pertambahan bobot badan dan kotoran (feses) berupa pupuk kandang (bokasi). Besar keuntungan ini tergantung pada pertambahan bobot badan yang dicapai dalam proses penggemukan, lama penggemukan dan harga daging saat penjualan. Terdapat berbagai pertimbangan yang harus dilakukan dalam memulai usaha penggemukan sapi, yakni metode penggemukan yang dipilih, jenis ternak yang digemukkan, aspek manajemen dan tatalaksana penggemukan.
    Usaha ternak sapi potong dapat dikatakan berhasil bila telah memberikan kontribusi pendapatan dan dapat memenuhi kebutuhan hidup peternak sehari-hari, Agar usaha ternak sapi potong menghasilkan sapi berkualitas, peternak harus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam beternak sapi potong (baca: Karakteristik dan Jenis Sapi Potong)


    B.     Rumusan masalah

    1.      Bagaimana Sistem Pemeliharaan.?
    2.      Bagaimana membuat Perkandangan .?
    3.      Bagaimana Pemeliharaan Pedet .?
    4.      Pengebirian (Kastrasi) ?

    5.      Bagaimana cara Pemotongan Tanduk (Dehorning).?
    6.      Bagaimana  cara Pemberian Tanda Pengenal (Marking).?
    7.      Bagaimana  Tatalaksana Pengendalian Penyakit.?
    8.      Bagaimana Vaksinasi Dan Obat- Obatan.?

    C.    Tujuan Penulisan
    Memberi informasi pada pembaca, apa dan bagaimana pengaruh serta hal-hal yang dapat di jadikan bahan pengalaman untuk dapat dimanfaatkan dikemudian hari mengenai pemeliharaan sapi potong.

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.

    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >