• Senin, 21 September 2020

    MAKALAH PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS


    BAB I
    PENDAHULUAN
    1.1 Latar Belakang
    Semua organisme eukariotik yang berkembang biak secara seksual tergantung dari reproduksi sel. Hal ini karena zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang dibuahi oleh sel sperma. Zigot yang bersel tunggal harus mengalami pembelahan atau reproduksi untuk mencapai ukuran tertentu.
    Pada dasarnya, pembelahan sel dibedakan menjadi 2 macam, yaitu pembelahan sel secara langsung dan secara tak langsung. Pembelahan sel secara langsung jika proses pembelahan tidak didahului dengan pembentukan gelondong pembelahan dan penampakan kromosom. Adapun pembelahan sel secara tak langsung jika proses pembelahan didahului dengan pembentukan gelondong pembelahan dan penampakan kromosom. Pembelahan sel secara langsung disebut amitosis, sedangkan pembelahan secara tidak langsung meliputi pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis.
    Amitosis terjadi di sel prokariotik (bakteri), Mitosis terjadi di sel eukariotik (sel tubuh), Meiosis terjadi di sel eukariotik (sel kelamin). Pada sel kelamin sendiri terjadi pembelahan sel dari sel haploid (2n) menjadi sel diploid (n). Pada sel kelamin betina terjadi oogenesis sedangkan pada sel kelamin jantan terjadi spermatogenesis. Dalam hal ini sudah sebaiknya kita mengetahui bagaimana proses terjadinya pembelahan sel itu sendiri. Khususnya pembelahan sel kelamin. 
    1.2 Maksud dan Tujuan
    Adapun maksud dan Tujuan dari pembahasan materi ini adalah mahasiswa diharapkan :
    a. Dapat mengetahui dan menjelaskan bagaimana pembelahan sel terjadi, terutama pembelahan gametogenesis.
    b. Memeparkan proses dan tahapan terjadinya pembelahan gametogenesis.
    1.3 Identifikasi Masalah
    Salah satu proses pembelahan sel yang terjadi pada manusia adalah proses pembelahan sel pada organ reproduksi yaitu Gametogenesis. Gametogenesis adalah proses diploid dan haploid yang mengalami pembelahan sel dan diferensiasi untuk membentuk gamet haploid dewasa. Gametogenesis meliputi spermatogenesis dan oogenesis. 
    Pada penyusunan makalah ini penulis membatasi masalah dengan beberapa pertanyaan :
    1. Apa pengertian gametogenesis itu?
    2. Seperti apa proses terjadinya spermatogenesis dan oogenesis?
    3. Kapan terjadinya spermatogenesis dan oogenesis?

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >