• Selasa, 25 Agustus 2020

    MAKALAH KEHIDUPAN SOSIAL SEBAGAI OBJEKTIVITAS 1


    D. KEHUDUPAN SOSIAL SEBAGAI OBJEKTIVITAS
           Pada hakikatnya manusia sebagai mahkluk individu, makhluk sosial, dan mahkluk berbudaya . sebagai mahkluk yang berbudaya, manusia dapat mengembangkan potensi dirinya ,berinteraksi dan mampu mengelola lingkungan. Ketika kita mengamati kehidupan sosial di lingkungan.masyarakat sekitar,ap yang kita lihat dan kita amati dapat berbagai kajian sosiologi.
             Objek kajian sosiologi yang terdapat di sekeliling kehidupan kita meliputi berbagai hasil tindakann yang berbentuk asosiatif maupun tindakan disosiatif. Tindakan tindakan tindakan yang asosiatif,di antaranya akomodasi , kerja sama,gotong royong ,musyawarah ,dan asimilas.adapun tiindakan yang termasuk disosiatif ,antara lain persaingan,kontravensi , dan konflik [pertentangan].
             Dalam kehidupan masyarakat , muncul berbagai permasalahan sosialuntuk menyikapi hal itu ,kita hendaknya bersikap positif , tengga rasa, kerja sma, solidaritas,dan toleransi.
    Kemajemukan masyarakat
       Masyarakat indonesia terbagi kelompok kelompok tiap kelompok masyarakat memiliki pola perilaku,adat agama dan budaya yang berbeda.
        Kemajemukan masyarakat di indonesia dapat di lihat secara horizontal dan vertikal. Kemajukan secara horizontal . antara lain dapat di liht dari beragamanya ras,suku bangsa dan agama .adapun secara verikal dapat di lihat dapat dilihat dari pelapisan sosial masyarakt
        Ada beberapa faktor pendorong atau penyabab terbentunya kemajemukan masyarakat indonesia yaitu sebagai berikut
    1. Keadaan geografis indonesia
      Dari jejak sejarah diketahui bahwa nene moyang bangsa    indonesia  berasal  dari yunan yaitu suatu wilayah di tingkok  bagian selatan . sampai di indonesia meraka menyaber dan mendiami sekitar 13..600 pulau kondisi geografis yang terpisah pisah mengakibatkan penduduk yang menmpati satu pulau atau sebagian pulau tumbuh menjadi kesatuan kesatuhan suku bangsa yang sedkit banyak terisolasi dengan yang lain.  
    2. Pergaruh kebudayaan asing
    Indonesia terletak pada posisi silang antara dua samudera yaitu sumudera hindia dan samudera pasifik, serta dua benua yaitubenua asia dan benua australia.kondisi yang strategis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa bangsa asing ini,ada yang untuk bergagang ke indonesia.pada abad ke 13 pengaruh islam mulai masuk ke indonesia di bawa oleh para pedagang dari gujarat dan arab
    3. Iklim yang berbeda
    Iklim yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain di kawasan indonesia menimbulkan kondisi alam yang berbeda.kondisi ini akhirnya membentuk pola-pola perilaku dan sistem mata pencarian yang berbeda-beda pula. Akibatnya, terjadinya keanekaragaman regional antara daerah-daerah indonesia.
    Dari kenyataan tersebut dapat kita dapatkan bahwa indonesia adalah sebuah masyarakat yang beranekaragam. Dengan keaneka ragam tersebut, potensi konflik antar kelompok masyarakat diindonesia cukuplah besar. Bahkan dibeberapa daerah, potensi konflik ini muncul dalam bentuk kekerasan yang berakibat pada kerusakan harta benda hingga hilangnya nyawa manusia. Potensi konflik ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut.
    1. Harga diri dan kebanggaan kelompok terusik.
    2. Pendirian sikap atau sikap yang berbeda
    3. Kebudayaan yang dimiliki tiap etnis berbeda.
    4. Kepentingan politik, ekonomi, dan kekuasaan berbentuk.
    5. Perubahan yang terlalu cepat sehingga menggangu keseimbangan sistem dan keamanan.

    Manfaat Keberagaman Sosial Dan Budaya
        Keberagaman sosial dan budaya yang ada di masyarakat taerkadang menimbulkan berbagai permasalahan,karena itu permasalahan tersebut dengan baik.Sikap masyarakat yang cenderung primordial dan tidak adil akan menjadi penghambat terciptanya masyarakat multikultural. Kondisi ini dapat diminimalisir atau mungkin dihilangkan apabila setiap kelompok masyarakat menyadari manfaat yang dapat dinikmati dari fakta keberagaman sosial budaya tersebut. Beberapa manfaat yang dapat di petik dari adanya keberagaman ini adalah sebagai berikut.
    1. Perbendaharaan bahasa indonesia dapat di perkaya oleh bangsa daerah sebagai salah satu unsur kebudayaan daerah.
    2. Potensi keberagaman budaya dapat dijadikan objek dan tujuan pariwisata indonesia sehingga dapat mendatangkan devisa.
    3. Melalui hubungan yang harmonis antarmasyarakat kearifan budaya lokal dapat digali.
    4. Dengan keberagaman kita dapat duduk bersama saling menghargai dan saling membantu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi.
    5. Keberagaman dapat mengajarkan suatu pandangan bahwa kebenaran itu tidak dimonopoli oleh satu orang atau satu kelompok saja. Masyarakat multikultur menganggap bahwa dengan saling mengenal dan saling menghargai budaya orang lain, dapat tercipta kehidupan yang penuh toleransi sehingga toleransi sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang aman dan sejahtera.
    6. Keberagaman membuat masyarakat lebih toleran dan berfikiran terbuka. Keberagaman memungkinkan keyakinan yang berbeda dan sistem nilai untuk hidup berdampingan dan masyarakatpun lebih terbuka untuk berubah.
    Dari uraian diatas, kita memahami bahwa keberagaman perlu di sikapi dengan baik untuk menuju masyarakat yang damai dan sejahtra.

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.

    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >