• Kamis, 16 Juli 2020

    MAKALAH Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu


    BAB I
    PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
    Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar hampir di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah perkotaan.Hampir 87% penduduk Indonesia dapat mengerti bahasa Indonesia. Pada umumnya, bahasa ibu orang Indonesia adalah bukan bahasa Indonesia (sering disebut bahasa daerah) dan baru mengenal bahasa Indonesia ketika masuk usia sekolah karena bahasa pengantar di sekolah adalah bahasa Indonesia. Namun, saat ini anak-anak Indonesia sudah mulai mengenal bahasa Indonesia sejak masih kecil karena adanya siaran televisi atau radio dalam bahasa Indonesia.
    Bahasa bisa mengacu kepada kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau kepada sebuah instansi spesifik dari sebuah sistem komunikasi yang kompleks. Kajian ilmiah terhadap bahasa dalam semua indra disebut dengan linguistik. Menurut Keraf Pada dasarnya, bahasa memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yakni untuk mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial. Dengan bahasa, manusia dapat mengkomunikasikan apa yang telah dipikirkan dan dapat pula mengekspesikan sikap dan perasaannya.
    Dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indoensia masih mempunyai kedudukan yang kokoh atau tidak mengalami gangguan yang berarti.Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang dijunjung oleh segenap bangsa Indonesia. Hal ini tercermin pada ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi Kami putra dan putri Indonesia menjungjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia juga merupakan bahasa negara yaitu selain sebagai bahasa persatuan (bahasa nasional), bahasa Indonesia juga sebagai satu-satunya bahasa resmi secara nasional di Indonesia. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36.Untuk itu, dalam makalah ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu Bangsa.


    B.     Rumusan Masalah
    1.      Apa yang dimaksud dengan Bahasa dan sejarah bahasa Indonesia?
    2.      Bagaimana kedudukan Bahasa Indonesia?
    3.      Apa saja fungsi Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu Bangsa?

    C.    Tujuan Pembahasan
    1.      Untuk mengetahui dan memahami Apa yang dimaksud dengan Bahasa dan sejarah Bahasa Indonesia.
    2.      Untuk mengetahui dan memahami kedudukan Bahasa Indonesia.
    3.      Untuk mengetahui dan memahamifungsi Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu Bangsa

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >