• Kamis, 12 Maret 2020

    MAKALAH Posisi Silang


    BAB I
      PENDAHULUAN

    1.1 LATAR BELAKANG
    Secara geografis negara Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Hal ini menyebabkan Indonesia terletak pada posisi yang strategis sebab berada di jalur perdagangan dan pelayaran internasional. Indonesia menjadi tempat persinggahan untuk para pedagang, eksportir, importir, dan para perantara perdagangan dari luar negeri yang akan melaksanakan kegiatan ekonominya di Benua Asia menuju ke Benua Australia atau sebaliknya.Selain itu, Indonesia juga mempunyai iklim musim yang menyebabkan pergantian musim kemarau dan penghujan. Keadaan iklim Indonesia menjadikan komoditas pertanian yang dihasilkan di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri dari daerah lainnya.

    Di tempat transit atau persinggahan itu para pelaku kegiatan ekonomi luar negeri banyak melaksanakan transaksi dengan warga domestik yang membawa keuntungan besar untuk dunia pereonomian Indonesia. Menurut jurnal yang berjudul Frameworks for Global Strategic Analysis yang ditulis oleh Donald R.Lessard (2003), adanya globalisasi menyebabkan persaingan di industri semakin ketat. Untuk memperbesar perusahaan salah satunya dilakukan dengan memperluas jaringan melewati batas nasional dan menuju ke sumber-sumber strategis.
    Jadi itu menyatakan bahwa lokasi geografis yang strategis menentukan keberlangsungan kegiatan perusahaan dan kegiatan perekonomian negara dalam kancah dunia internasional di era globalisasi. Untuk mencapai keuntungan yang optimal maka suatu perusahaan wajib menembus pasar internasional. Oleh sebab itu dalam pembahasaan ini, kami membahas mengenai “Potensi Letak Geografis Indonesia yang Strategis” sebab posisi geografis ini adalah salah satu keunggulan kompetitif Indonesia agar perekonomian Indonesia tetap maju dan berkembang di era globalisasi ini.


    ( 1 )
    1.2 RUMUSAN MASALAH
    1. Apa yang dimaksud dengan posisi silang Indonesia?
    2. Apa dampak positif dan negatif  posisi silang Indonesia?
    3. Bagaimana cara mempertahankan Indonesia dalam posisi silang?

    1.3 TUJUAN

    1. Mengetahui apa yang dimaksud posisi silang dari Indonsesia.
    2. Mengetahui cara mempertahankan Indonesia dalam posisi silang.
    3. Mengetahui dampak positif dan negatif posisi silang Indonesia.

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >