• Selasa, 18 Februari 2020

    MAKALAH PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA



    BAB I PENDAHULUAN
    A. LATAR BELAKANG
    Flora sering diartikan sebagai dunia tumbuh-tumbuhan. Arti flora
    adalah semua tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu daerah pada zaman tertentu. Keanekaragaman flora Indonesia tergolong tinggi jumlahnya di dunia, jauh lebih tinggi dari flora yang ada di Amerika dan Afrika. Demikian pula jika dibandingkan dengan daerah-daerah yang beriklim sedang dan dingin.

    Fauna sering juga diartikan dunia hewan. Arti fauna adalah semua
    hewan yang hidup di suatu daerah atau pada zaman tertentu, sedangkan
    uraian fauna Indonesia terbatas pada zaman sekarang ini. Uraian fauna
    lebih ditekankan pada hewan liar, sedangkan hewan yang dibudidayakan
    akan diuraikan pada peternakan.

    Jenis-jenis dan persebaran hewan yang ada di Indonesia mempunyai kaitan dengan sejarah terbentuknya kepulauan Indonesia. Indonesia bagian barat, yang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya pernah menjadi satu dengan Benua Asia. Indonesia bagian timur, Papua, dan pulau-pulau di sekitarnya pernah menjadi satu dengan Benua Australia. Indonesia bagian tengah, Pulau Sulawesi bersama pulau di sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan Kepulauan Maluku, merupakan wilayah yang tidak termasuk Benua Asia maupun Australia

    Terdapat beragam jenis flora dan fauna yang tersebar secara tidak merata di berbagai wilayah di seluruh dunia. Persebaran flora dan fauna ini dapat terjadi akibat berbagai faktor yang mempengaruhinya. Secara umum, faktor yang paling mempengaruhi persebaran berbagai fauna di seluruh dunia adalah akibat berbagai faktor fisik terkait dengan kondisi lingkungan dan faktor sejarah kondisi tempat asal fauna tersebut. Pada zaman dahulu dimana sebagian besar permukaan bumi masih tertutupi ollai terpisah karena tertutupi oleh perairan. Hal tersebut sangat mempengaruhi persebaran flora dan fauna di berbagai wilayah terutama di Indonesia. Begitupula dengan persebaran flora, selain karena faktor sejarah perkembangan bumi, persebaran flora juga sangat dipengaruhi oleh faktor kondisi fisik lingkungan terutama iklim yang memiliki perbedaaan di berbagai wilayah.

    Di indonesia keragaman flora dan fauna merupakan salah satu yang tertinggi di seluruh dunia. Kondisi lingkungan yang beriklim tropis serta mendukung kehidupan berbagai jenis flora dan fauna membuat keragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Selain itu, sejarah perkembangan wilyah Indonesia pada zaman pleistosen juga sangat berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di indonesia, dimana pada zaman tersebut beberapa wilayah kepulauan di Indonesia masih bergabung dengan beberapa benua (seperti benua Asia dan Australia) menjadi satu daratan, yang kemudian mempengaruhi keberadaan flora dan fauna di Indonesia. Secara umum, baik persebaran flora maupun persebaran fauna di Indonesia sama-sam dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu tipe Indonesia bagian barat (Asiatis), bagian tengah (peralihan), dan bagian timur (Australis), berikut penjelasannya :



    B. TUJUAN PENELITIAN

          > untuk mengetahui persebaran flora
          > untuk mengetahui persebaran fauna
          > untuk mengetahui flora dan fauna yang ada di bagian barat,bagian timur,
              Bagian tengah.

    C. MANFAAT PENELITIAN

    kita dapat mengetahui seluk beluk dari persebaran flora dan fauna yang ada
                Di Indonesia
    kita dapat mengetahui jenis-jenis flora apa saja yang ada di Indonesia

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >