• Jumat, 14 Februari 2020

    makalah PERMASALAHAN PENDUDUK DI INDONESIA DARI TINJAUAN KUALITAS DAN KUANTITAS


    BAB I
    PENDAHULUAN
    A. Latar Belakang
                Masalah kependudukan dan masalah lingkungan hidup merupakan masalah yang cukup mendapat perhatian dunia. Masalah kependudukan mendapat perhatian karena dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia itu sendiri beserta lingkungannya.
    Pertumbuhan  penduduk telah menjadi salah satu masalah kemanusiaaan yang paling fundamental pada masa sekarang ini. Indonesia adalah salah satu negara yang tidak luput dari masalah kependudukan. Pertambahan penduduk yang cepat, penyebaran penduduk yang tidak merata dan kualitas penduduk yang rendah merupakan ciri-ciri masalah kependudukan di Indonesia.Indonesia yang merupakan negara terbesar dengan jumlah penduduk kurang lebih 210 juta jiwa tidak terlepas dari tekanan akan kebutuhan sandang, pangan dan perumahan.  Selain jumlah penduduknya yang besar, luasnya negara kepulauan dan tidak meratanya penduduk membuat Indonesia semakin banyak mengalami permasalahan terkait dengan hal kependudukan. Tidak hanya itu, faktor geografi, tingkat migrasi, struktur kependudukan di Indonesia dll membuat masalah kependudukan semakin kompleks dan juga menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus guna kepentingan pembangunan manusia Indonesia.
    Jumlah penduduk Indonesia menempati urutan pertama negara di kawasan Asia Tenggara, dan berada pada urutan ke-3 di antara Negara-negara yang sedang berkembang (215,27 juta jiwa), setelah Cina (1,306 milyar jiwa) dan India (1,068 milyar jiwa). Berdasarkan data tahun 1999 penduduk Indonesia berusia muda 30 tahun 63,6% yang masuk pasar kerja bertambah meningkat dengan jumlah pencari kerja sebesar kurang lebih 2,2 juta dari jumlah angkatan kerja 80 juta sedangkan tingkat pengangguran 2,79%. Sebagai negara yang sedang berkembang Indonesia memiliki masalah-masalah kependudukan yang cukup serius dan harus segera diatasi agar tidak terjadi ledakan penduduk. Masalah kependudukan di Indonesia adalah jumlah penduduk yang besar dan distribusi yang tidak merata. Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi telah membatasi kesempatan untuk menyempurnakan standar hidup dan kualitas kehidupan manusia. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, semakin terkurasnya sumber daya alam yang akan mengakibatkan terjadinya eksploitasi sumber daya alam dan lingkungan secara semana-mena, bahkan dapat menimbulkan konflik sesama manusia.
    Permasalahan penduduk di tinjau dari segi kuantitas antara lain sebagai berikut:
    1. Jumlah penduduk Indonesia
    2. Pertumbuhan penduduk Indonesia
    3. Kepadatan penduduk Indonesia
    4. Susunan penduduk Indonesia
    Permasalahan penduduk di tinjau dari segi kualitas antara lain sebagai berikut :
    1. Masalah tingkat pendidikan
    2. Masalah kesehatan
    3. Masalah tingkat penghasilan/pendapatan

    B. Rumusan Masalah    

    1. Pengertian penduduk, Kuantitas dan Kualitas.?
    2. Apa saja kasus penduduk yang sedang dialami ?
    3. Apa saja Permasalahan Kuantitas dan Kualitas Penduduk dan Dampaknya Dalam Pembangunan

        C.   Tujuan  Penulisan.
    1. Mengetahui Pengertian penduduk, Kuantitas dan Kualitas.?
    2. Mengetahui kasus penduduk yangsedang dialami ?
    3. Mengetahui Permasalahan Kuantitas dan Kualitas Penduduk dan Dampaknya Dalam Pembangunan

    Untuk Lebih Lengkap
    Silahkan Download Di Sini!!!
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Pilih tombol Allow pada pojok kiri atas
    5. Kini anda bisa Download Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >