• Sabtu, 18 Agustus 2018

    makalah Benda Hitam

    http://zipansion.com/2NLjP

    Suatu benda yang benda mempunyai symbol e=1 disebut sebagai benda hitam sempurna . Benda hitam dapat didefinisikan sebagai benda yang menyerap semua cahaya yang menimpanya .

        Dari definisi di atas, sebuah benda logam yang mempunyai rongga dengan sebuah lubang kecil akan bertindak sebagai benda hitam . Sebuah sinar memasuki logam yang berongga melalui lubang.sinar yang memsuki lubang tersebut akan terpantul berungkali oleh permukaan logam bagaian dalam dan kemungkinan kecil sinar akan keluar melalu lubang tersebut.sinar yang memasuki melaluli lubang tersebut akan diserap semuanya apabila lubang tersebut dipanaskan maka logam dan seluruh permukaan logam akan memancarkan cahaya.jika peristiwa tersebut kita ukur dengan spectrometer,maka dapaat diketahui intensitas cahaya yang paling besar dpancarkan logam yang berwarna hitam.
        Untuk membuktikan bahwa warna hitam merupakan penyerap dan pemancar radiasi yang baik,maka digunakan radiometer .radiometer terdiri atas susunan sudut hitam dan sudu mengilap.keduan sudu tersebut dapat berputar dengan bebas.jika sebuah sianr ditujukan keradimeter,kedua suku akan berputar.hal ini dapat terjadi karena saat sinar mengenai permukaan benda hitam akan diserap.setelah diserap,cahaya akan dpancarkan kembali.kejadian ini dapat dijelaskan dengan menganggap cahaya merupakan partikel,saat partikel cahaya menumbuk sudu hitam,maka akan berlaku”hokum kekal momentum”yang berakibat pada saat sudu hitam memancarkan kembali partikel fotonya,sudu hitam akan terdorong kedepan.
        Dorongan inilah yang menyebabkan sudu hitam berputar.pada sudu yang mengilap tidak terdorong oleh partikel cahaya.hal itu karena pada permukaan mengilap cahay akan terpantul dan setelah terpantul momentum foton tidak berubah sehingga sudu mengilap tidak terdorong.



    Untuk Lebih Lengkap
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >