• Senin, 02 Oktober 2017

    MAKALAH ANATOMI DAN FISIOLOGI KATAK

    BAB 1
    PENDAHULUAN
    A.Latar Belakang
    Amphibia merupakan hewan yang hidup dengan bentuk kehidupan yang mula-mula di air tawar kemudian dilanjutkan di darat. Fase kehidupan di dalam air berlangsung sebelum alat reproduksi masak, keadaan ini merupakan fase larva yang disebut berudu. Fase berudu ini menunjukkan sifat antara pisces dan reptilia. Sifat ini menunjukkan bahwa Amphibia adalah kelompok chordata yang pertama kali hidup di daratan. Beberapa pola menunjukkan pola baru yang disesuaikan dengan kehidupan darat, misalnya: kaki, paru-paru, nares (hidung) yang mempunyai hubungan dengan cavum oris dan alat penghidupan yang berfungsi dengan baik di dalam air maupun di darat (Jasin, 1989).
    Amphibia merupakan Tetrapoda atau vertebrata darat yang paling rendah. Menurut garis evolusinya, Amphibia diyakini berasal dari nenek moyang yang sama dengan ikan. Amphibia misalnya Salamander dapat mempertahankan insang selama hidupnya. (Kimball, 1988).
           Katak sawah (Fejervarya cancrivora) termasuk dalam ordo Anura dan memiliki ciri khas diantaranya adalah tubuh berukuran besar dengan lipatan-lipatan kulit atau bintil-bintil kulit yang memanjang dan pararel dengan sumbu tubuh. Katak sawah bertubuh kecil sampai agak gempal, dengan kaki yang kuat dan paha yang berotot besar (Duellman and Trueb, 1986).
           Katak sawah (Fejervarya cancrivora) digunakan sebagai preparat dalam praktikum kali ini untuk mewakili kelompok Amphibia. Katak sawah dipilih karena kulitnya tidak beracun. Selain itu, hewan ini memiliki struktur dan morfologinya mudah diamati.
    B.Tujuan
           Mengamati anatomi dan fisiologi katak (Fejervarya cancrivora)
    C.Tanggal Praktikum
           16/03/2017

    Untuk Lebih Lengkap
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru Adfoc.us

    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >