• Jumat, 22 September 2017

    MAKALAH EKONOMI MIKRO ISLAM “STRUKTUR PASAR DAN PERSAINGAN HARGA”

    BAB I
    PEDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
    Fenomena penerapan prnsip syariah dalam lemabaga keuangan semakin berkembang pesat, tidak hanya di perbankan tetapi juga lembaga keuangan bukan bank. Di sektor lembaga keuangan bukan bank terdiri dari lembaga keuangan mikro syari’ah, asuransi syari’ah, reksadana syar’ah serta lembaga keuangan yang lainnya.
    Adapun mengenai Baitul maal wat tamwil (BMT) tercangkup dalam istilah lembaga keuangan mikro syri’ah. Keberadaan BMT ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pengembangan sektor ekonomi riil, terlebih bagi kegiatan usaha yang belum memenuhi segala persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga perbankan syari’ah.
    BMT merupakan bentuk lembaga keuangan dan bisnis yang serupa dengan koperasi atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Baitut tamwil merupakan cikal bakal lahirnya bank syari’ah pada tahun 1992. Segmen masyarakat yang basanya dilayani BMT adalah masyarakat kecil yang kesulitan berhubungan dengan bank. Perkembangan BMT semakin marak setelah mendapat dukungan dari Yayasan Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (YINBUK) yang di prakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

    B.     Rumusan Masalah
    a.       Pengertian BMT dan Koprasi Syariah
    b.      Konsep Dasar Berdirinya Koperasi Syariah dan BMT
    c.    Perbadaan BMT dan koperasi syariah
    d.    Persamaan BMT dan koperasi syariah

    C.    Tujuan Makalah
    Dalam pembuatan makalah ini penulis berharap nantinya makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai tambahan ilmu agar kita sebagai generasi Islam selanjutnya bisa memahami etika berkonsumsi dalam Islam.
    Untuk Lebih Lengkap
    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan Download
    2. Anda akan menemukan halaman baru Adfoc.us
    3. Klik pojok kanan atas Skip.
    4. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >