• Sabtu, 15 Maret 2014

    Pengertian SENI RUPA KONTEMPORER

    B.    Pengertian
    Seni kontempor merupakan salah satu cabang seni yang mendapat pengaruh dari dampak modernisasi. Bila dilihat dari asal-usul kata, kontemporer dapat diartikan dengan modern, kekinian, atau lebih tepatnya ialah sesuatu yang sama dengan kondisi saat ini. Jadi, seni kontemporer merupakan seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan yang ada di zaman dahulu dan perkembangannya disesuaikan dengan zaman sekarang. Bentuk dari seni kontemporer salah satunya yaitu lukisan.
    Lukisan merupakan karya seni yang pembuatannya melalui proses peletakkan pewarna cair (pigmen) dalam pelarut dan agen pengikat pada permukaan seperti kanvas, kertas, atau dinding. Proses pembuatan ini dilakukan oleh seorang pelukis. Pelukis merupakan istilah yang digunakan untuk orang yang bisa menciptakan sebuah lukisan baru
    Melukis merupakan kegiatan yang lebih dahulu dilakukan manusia sebelum menggunakan tulisan. Hal ini ditandai dengan adanya lukisan di gua-gua yang merupakan tempat tinggal manusia pada zaman prasejarah. Lukisan kontemporer merupakan karya secara tematik yang bisa merefleksikan situasi yang sedang dialami.
    Karya ini merupakan wujud dari seni yang melawan tradisi dari modernisme barat. Contohnya lukisan yang dibuat tidak lagi terikat dengan Rennaissance. Selain dalam bentuk tulisan, kontemporer juga terdapat dalam tarian. Tarian yang sebelumnya sesuai dengan gerakan alam seperi pohon, kupu-kupu, rumput-rumpun dan lainnya, kini dibuat lebih modern dan atraktif.
    Kata kontemporer berasal dai kata co yang artinya bersama dan tempo yang berarti waktu. Sehingga menegaskan bahwa seni kontemporer adalah karya yang merefleksikan situasi yang sedang dilalui
    Secara awam kontemporer dapat diartikan sebagai berikut.
    •    Seni yang tanpa mempunyai sekat dengan berbagai prinsip berupa patung, lukis, grafis, anarki, musik, teater, kriya, omong kosong, hingga aksi politik
    •    Seni yang memiliki nafsu dan gairah molaristik yang erat kaitannya dengan kehidupan sosial dan politik.
    •    Seni yang diminati masyarakat sebagai media massa untuk dijadikan sebagai aktualitas berita yang terdepan.


    Seni Lukis Kontemporer
    Kontemporer hanya dampak dari perkembangan seni rupa yang berlangsung pada tahun 70-an. Para pelukis dari Amerika seperti Jackson Pollok dan david Smith merupakan tanda peralihan perkembangan tersebut. Seorang pemikir Jerman bernama Udo Kulterman mengatakan bahwa pengertian kontemporer merupakan tanda munculnya era baru dalam bentuk ekspresi kesenian. Paham yang baru muncul ini menentang dengan tegas paham modern yang ada dan lebih memilih untuk berpihak pada simbolis instink.
    Sumartono salah satu pengamat seni di Indonesia, mengemukakan 2 macam pengertian dari seni rupa kontemporer, antara lain sebagai berikut.
    1.    Pengertian yang Beredar Luas di Masyarakat
    Seni rupa kontemporer bisa diartikan sebagai seni rupa alternative dan seni rupa modern. Misalnya, performance art, happenings, dan instalasi, yang berkembang saat ini. Instlasi merupakan karya seni rupa yang dihasilkan dengan menggabungkan berbagai media dengan menyatukan keduanya, sehingga menawarkan makna yang baru. Karya instalasi sifatnya bebas, tidak bergantung pada pengotakan cabang-cabang seni menjadi seni patung, seni lukis, seni grafis, dan lain-lain. Kandungan yang ada dalam karya instalasi bisa bermacam-macam, mulai dari sindiran, keprihatinan, maupun kritikan.
    2.    Seni Rupa Kontemporer Sebagai Seni Rupa Alternatif
    Seni rupa kontemporer di sini diartikan hanya sebagai seni rupa alternatif. Karya-karya yang muncul, pada umumnya bertentangan dengan seni rupa modern, seperti happenings, performance art, instalasi, dan lain-lain. Seni rupa kontemporer muncul sebagai seni rupa alternatif untuk menolak segala bentuk karya yang berkaitan dengan seni rupa modern. Istilah kontemporer cenderung dipakai untuk mengarahkan pada seni yang antimodernisme.
    Seni rupa modern cenderung mementingkan norma-norma yang ada, seperti keaslian, kreativitas, dan kebenaran. Prinsip ini melahirkan tradisi Avan Garde atau Tradisi of the new. Munculnya pola gaya seni yang baru awalnya mendapatkan penolakan dari masyarakat. Namun seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat bisa menerimanya sebagai sebuah inovasi.
    Perkembangan seni rupa semakin terlihat dengan karya-karya, seperti performance art, happenings, dan instalasi yang di dalamnya mengandung ruwatan, ritual, kritik, keprihatianan, dan sindiran.
    Perkembangan Seni Kontemporer
    Seni rupa kontemporer merupakan seni yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Berkembang dan tumbuh di lingkungan masyarakat, hingga bisa menyentuh berbagai aspek kehidupan dengan teknik dan media. Setiap negara mempunyai pandangan yang berbeda terhadap seni rupa kontemporer dalam menghadapi globalisasi, akibat didasari oleh etnis budayanya masing-masing.
    Karya seni rupa kontemporer bukan mengejar identitas, bukan aliran atau pun gerakan melainkan sebuah refleksi masa tradisi. Reaksi penolakan dari modernisme terlihat dari munculnya beragam karya seni yang sifatnya radikal. Misalnya karya-karya seni yang diciptakan dari Happening Art, Seni Instlasi, performance Art, Neo Dada, dan Pop Art.
    Sering kali hasil karya dari mereka bukan menimbulkan kesenangan estetik dari para penonton melainkan membuat penonton shock, karena bentuknya yang sudah tidak terperikan. Wajah seni yang kini semakin beragam, dikenal dengan pluralism. Pluralism dikenal sebagai praktik kesenian yang mempunyai prinsip saling bertentangan.
    Terkadang seni tidak bisa terlepas dari ideology politik dan alat dalam memperjuangkan kepentingan ideology yang sifatnya advokatif. Hal ini mengakibatkan, banyak karya-karya yang dihasilkan seniman kontemporer dengan tampilan yang radikal untuk menarik perhatian masyarakat. Bahkan, para seniman tersebut yakin bahwa tampilan radikal bisa digunakan sebagai alat perubahan sosial.
    Seni modernitas yang muncul dalam perkembangan zaman dianggap menjadi konvensi-konvensi yang beku. Untuk itu, diperlukan nafas baru yang mencairkannya, yaitu seni kontemporer. Seni kontemporer dianggap sesuai dengan perkembangan zaman dan mampu menghasilkan gerak dinamika yang baik.
    Seni kontemporer merupakan seni yang tidak terikat oleh dogma atau konvensi mana pun. Oleh karena itu, kehadiran seni kontemporer tanpa gaya, corak, konvensi bahkan estetik. Seiring dengan berjalannya waktu, memunculkan berbagai masalah ekonomi, politik, budaya, sosial, dan berbagai segi kehidupan yang berkaitan dengan moralitas. Beberapa kelompok seniman muncul mencoba untuk menawarkan berbagi warna dalam berbagai bentuk kollaborasi art, instalasi art, dan performance art. Kemunculan karya tersebut merupakan pijakan para seniman untuk menghasilkan karya-karya baru.
    Para kelompok seniman tersebut mengangkat idiom tradisi yang kental dengan ajaran budaya pluralis. Pluralis dianggap mampu untuk memberikan berbagai makna dari sisi kehidupan secara universal. Salah satu bekal yang harus dimiliki setiap seniman ialah kecerdasan kreatif.
    Kecerdasan kreatif merupakan kemampuan atau keahlian dalam memunculkan gagasan dan ide baru. Tujuan dari kecerdasan kreatif ialah meningkatkan imajinasi para seniman, menyelesaikan berbagai masalah yang ada, mengubah perilaku menjadi lebih baik, dan meningkatkan produktivitas kerja. Seniman yang mempunyai kreativitas selalu mencari nilai-nilai baru yang ada pada setiap obyek. Para seniman mempunyai cara pandang yang berbeda-beda dalam menghasilkan karya-karya yang baru, sehingga mencapai originalitas yang tinggi.
    Fungsi dan Tujuan Seni Kontemporer
    Seni kontemporer mempunyai tujuan dan fungsi sebagai berikut.
    •    Memberikan warna baru terhadap kebutuhan manusia baik secara psikis maupun fisik.
    •    Psikis: mengurangi kejenuhan para penikmat karya seni, dengan munculnya berbagai aliran baru, seperti pada seni lukis dan cabang seni yang ada lainnya.
    •    Fisik: memunculkan bentuk-bentuk desaian arsitektur yang baru, misalnya pda fashion, alat-alat transportasi, dan lain-lain.





    atau 

    Cara Download :
    1. Klik Link/ Tulisan yang bergaris bawah
    2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly
    3. Klik pojok kanan atas SKIP AD.
    4. Kini anda bisa Download  Gratis

    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >