• Rabu, 13 Maret 2013

    Dampak Peramalan Terhadap Bisnis

    http://adf.ly/hv5T3

        B.    Dampak Peramalan Terhadap Bisnis
        Metoda yang dipergunakan sangat besar manfaatnya, apabila dikaitkan dengan  informasi  atau  data  yang  dipunyai.  Apabila  dari  data  yang  lalu diketahui adanya pola musiman, maka untuk peramalan satu tahun kedepan sebaiknya  digunakan metoda variasi musim. Sedangkan apabila dari data yang  lalu  diketahui  adanya  pola  hubungan  antara  variabel - variabel  yang  saling mempengaruhi, maka  sebaiknya  dipergunakan metode  sebab  akibat  (  causal) atau korelasi (cross section ).
        Sebagaimana  diketahui  bahwa  metoda merupakan  cara  berpikir  yang sitematis  dan  pragmatis  atas  pemecahan  suatu  masalah.  Dengan  dasar  ini, maka metoda peramalan merupakan cara memperkirakan apa yang akan teradi pada  masa  yang  akan  datang    secara  sistematis  dan  pragmatis  ;  sehingga metoda  peramalan  sangat  berguna  untuk  dapat  memperkirakan  secara sistemtis  dan  pragmatis  atas  dasar  data  yang  relevan  pada masa  yang  lalu, dengan  demikian  metoda  peramalan  diharapkan  dapat  memberikan obyektifitas yang lebih besar terhadap bisnis.
        Disamping  itu metode peramalan  juga memberikan  urutan  pengerjaan dan  pemecahan atas  pendekatan  suatu masalah  dalam  peramalan, sehingga bila  digunakan  pendekatan  yang  sama  atas  permasalahan  dalam  suatu kegiatan peramalan, maka akan didapat dasar pemikiran dan pemecahan yang sama, karena argumentasinya sama. Dengan  penggunaan  teknik - teknik  tersebut,  maka  diharapkan  dapat memberikan  tingkat  kepercayaan  dan  keyakinan  yang  lebih  besar,  karena dapat  diuji  dan  dibuktikan  penyimpangan  atau  deviasi  yang  terjadi  secara lmiah.
        Dari uraian ini, dapatlah disimpulkan bahwa metode peramalan sangat berguna terhadap bisnis atau usaha yang sedang dijalankan saat ini,  karena  akan  membantu  dalam  mengadakan  pendekatan  analisa terhadap  tingkah  laku  atau  pola  dari  data  yang  lalu sehingga  dapat memberikan  cara  pemikiran,  pengerjaan dan pemecahan  yang  sistematis  dan pragmatis,  serta  memberikan  tingkat  keyakinan  yang  lebih  besar  atas ketepatan hasil ramalan yang dibuat, atau yang disusun. Selain itu dengan peramalan ini kita bisa mengetahui bagaimana wajah atau kondisi usaha yang kita lakukan saat ini, bahkan kita bisa mengetahui pula arah dan tujuan serta tindakan yang harus dilakukan untuk masa yang akan datang.




    Artikel Terkait:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    >